Senin, 25 April 2016

Produk Mobil dan Kompetitornya

Setiap produk yang dikeluarkan biasanya mempunyai kompetitor, kalau produk tersebut bukan merupakan produk penggagas atau perintisnya. Lebih jauh lagi, suatu produk jika termasuk 'pengikut' pastilah telah mempunyai kompetitor sebelumnya. Bahkan produk itu sendiri pastilah merupakan produk kompetitor dari produk sebelumnya pada kategori yang sama.

Mobil mini Kancil buatan Indonesia yang dipergunakan sebagai armada taksi di Jakarta.
sumber: commons.wikimedia.org/Sakurai Midori

Misalnya seperti mobil yang merupakan sarana penggerak di Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya. Menurut sejarahnya (mengutip Wikipedia), kemungkinan kendaraan pertama yang bekerja dengan uap tidak dibuat untuk membawa penumpang. Kendaraan ini didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Sementara berabad kemudian saat teknologi telah dikenal hampir merata di seluruh dunia, kita kemudian menjumpai ada banyak produsen mobil dengan karakternya masing-masing. Begitupun akan bahan bakar yang digunakan.

Di Indonesia dengan standar hidup yang tidak tinggi ini, memiliki mobil biasanya menjadi tolok ukur tingkatan hidup di masyarakat. Tetapi di Jepang, biasanya hanya petani yang mempunyai dua mobil di rumahnya. Seperti referensi Sewa Mobil Innova di Surabaya dari tautan berikut: https://www.facebook.com/KehidupanDiJepang/posts/799410010203475:0. Artikel seperti ini menjadi perhatian Rental Mobil Surabaya karena mempunyai deretan armada mobil merk Jepang dalam operasional kesehariannya. Di jalanan seluruh Indonesia pun kita akan sering menjumpai merk Jepang yang mengaspal jika dilihat secara keseluruhan. Meski Sewa Mobil Surabaya mempunyai alasan tersendiri mengapa merk mobil tersebut yang dipilih, tapi setidaknya hal itu bisa menjadi catatan bagi merek kompetitor mengapa banyak rental mobil juga memilih menggunakan mobil tipe tersebut.

Daihatsu Midget II, pengangkut barang yang tidak dijumpai di Indonesia.
Sumber: commons.wikimedia.org/MartinHansV

Rental Mobil Pregio di Surabaya sendiri merupakan kompetitor dari rental mobil yang telah ada sebelumnya, tapi sekaligus mempunyai kompetitor lain yang muncul setelahnya. Bisa jadi antar rental mobil di Surabaya ini juga timbul persaingan. Dalam sudut pandang konsumen (tamu), hal ini mungkin tak terlihat; namun kenyataan yang sering didapati di manapun adalah menurunnya order oleh tamu dari tahun ke tahun. Dan rental mobil yang bertahan pun diharuskan melakukan strategi khusus agar usahanya tetap beroperasional.

Kembali soal mobil, Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya melihat jenis MPV di pasar Indonesia dewasa ini lebih disukai. Lebih dari sedan di satu-dua dasawarsa sebelumnya. Karena itulah banyak pabrikan mobil akhirnya memilih memproduksi jenis MPV dalam berbagai varian meski masih memproduksi tipe lainnya. Ini adalah hal yang wajar dalam merebut hati konsumen agar tetap eksis.
Seperti satu berita referensi Rental Mobil Avanza di Surabaya ini: http://www.otosia.com/berita/tahun-depan-genjotan-pesaing-yaris-ini-makin-mantap.html yang merupakan salah satu alternatif konsumen akan tipe hatchback. Konsumen yang mengincar Honda Mobilio pun bisa jadi akan teralih perhatiannya ketika Datsun Go+ meluncur, karena diketahui beberapa konsumen yang menilai secara penampilan Go+ lebih menarik. Tetapi nama besar Honda agaknya masih membuat loyalis merk ini masih tetap memilih Honda Mobilio.

Maserati Gran Cabrio yang konvertible (mobil dengan atap yang bisa dibuka)
sumber: commons.wikimedia.org/Nakhon100 and Tony Harrison

Sementara itu, kita mengetahui tipe Nissan Juke yang mempunyai eskterior unik juga kerap dijumpai di jalan sebagai tanda hadirnya mampu memikat pasar. Karena itu para pesaing pun menelurkan produk dengan harapan mengalihkan perhatian mereka yang bakal mengincar Nissan Juke. Misalnya seperti Ssangyong XIV Air: http://www.otosia.com/galeri/ssangyong_xiv_air_dan_adventure_concept-4.html dan KIA Niro yang sedikit banyak seperti terinspirasi dari Juke jika dilihat sekilas tampilannya, bisa dilihat pada tautan berikut: http://www.otosia.com/berita/kia-niro-pesaing-nissan-juke-menampakkan-diri.html.

Ada yang pernah mengatakan bahwa kompetitor bisa membantu kita menemukan kelebihan dan kelemahan sendiri, selain mengembangkan atau meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik. Adanya kompetitor ini juga memberi kita titik kelemahannya yang bisa kita terapkan kepada produk kita sendiri, tanpa menjelekkan kompetitor tersebut secara langsung. Jadi kompetisi bisa membuat kita lebih inovatif dengan pengembangan ke depannya.
Dengan berkaca pada kenyataan dan fakta yang disebutkan, Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya pun akhirnya memantapkan diri sebagai rental mobil yang berfokus pada jajaran mobil penumpang serta MPV; di tengah persaingan yang ketat pada jagad rental mobil di Surabaya, tanpa harus pusing dengan berbagai manuver yang dilakukan oleh rental mobil lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar